Hari Ini BLT Rp 600 Ribu untuk Pekerja Cair, Begini Cara Cek Jika Dapat Bantuan

1391
Hari Ini BLT Rp 600 Ribu untuk Pekerja Cair, Begini Cara Cek Jika Dapat Bantuan
foto ilustrasi

Pemerintah akhirnya meluncurkan program BLT bantuan Rp 600 ribu bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta, akhirnya diluncurkan hari ini.

Jakarta – Peluncuran program Bantuan Subisidi Upah (BSU) dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (27/8/2020) hari ini.

“Insya Allah akan diagendakan bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah Kamis 27 Agustus 2020 oleh Presiden RI,” ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Rabu (26/8/2020).

Jokowi menyebutkan, di tengah pandemi covid-19 ini ada dua hal yang terdampak, yakni kesehatan dan ekonomi. Maka dari itu untuk presiden meningkatkan kembali perekonomian warga selama pandemic ini sempat terpuruk.

Pemerintah memberikan berbagai stimulus, dan salah satunya bantuan untuk para pegawai.

“Hari ini kita lengkapi lagi yang namanya subsidi gaji yang totalnya nanti yang akan diberikan totalnya adalah 15.7 juta pekerja,” kata Jokowi dalam sambutanya.

Presiden menegaskan, bantuan ini diberikan kepada para pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Para pekerja ini masing-masing akan mendapatkan totalbantuan sebesar Rp2.4 juta.

Sebanyak 2,5 juta rekening pekerja menjadi batch pertama penerima bantuan BLT pekerja BPJS Rp 600 ribu. Pemerintah selanjutnya melakukan pengecekan kesesuaian data yang ada.

Setelah pemeriksaan selesai, data akan diserahkan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sehingga dananya bisa dicairkan.

Dana bantuan BLT pekerja BPJS Rp 600 ribu akan disalurkan melalui bank pemerintah. Dari bank inilah, dana ditransfer dan sampai ke rekening pekerja yang berhak atas bantuan tersebut.

Hingga saat ini BPJS Ketenagakerjaan sudah memegang data 15,7 calon penerima bantuan Rp 600 ribu. Dari jumlah tersebut sebanyak 13,7 juta data yang sudah lengkap dilakukan validasi secara berlapis, salah satunya validasi kepada bank untuk memastikan nomor rekening yang disetor benar.

Sambil menunggu waktu pencairan, tak ada salahnya mengecek apakah anda akan mendapatkan bantuan BLT pekerja BPJS Rp 600 ribu. Berikut cara mengeceknya:

  1. Download dan instal aplikasi BPJS Ketenagakerjaan untuk android atau iOS
  2. Registrasi dan cek status kepesertaan tiap pekerja
  3. Pastikan telah terdaftar dan membayar iuran hingga Juni 2020.

Selain lewat aplikasi, ada cara lain untuk mengetahui kemungkinan menerima bantuan BLT pekerja BPJS Rp BPJS 600 ribu:

  1. Klik situs BPJS Ketenagakerjaan di link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. WhatsApp nomor +62811-9115910 atau +62855-1500910
  3. SMS nomor 2757 dengan format Daftar (spasi) Saldo, nomor KTP, tanggal lahir dan nomor peserta.
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here